Abstrak

Dalam penerapannya, hukum Islam berupaya mengakomodir tujuan shahih yang berkembang di suatu masyarakat. Maqashid Syari’ah merupakan tujuan umum yang ingin diraih oleh syari’ah dan diwujudkan dalam kehidupan. Maqashid Syariah merupakan konsep penting dalam kajian hukum Islam. Salah satu contoh penerapannya adalah untuk mengetahui aplikasi maqashid syari’ah dalam berbagai bidang, salah satunya perbankan syari’ah. Maqashid Syari’ah tidak lahir secara tiba-tiba, tetapi melewati fase-fase, yaitu: fase pra kodifikasi, dan fase kodifikasi. Dalam sistem ekonomi yang hendak dibangun, sistem ekonomi dikatakan sukses berjalan apabila bisa mensejahterakan masyarakatnya. Maka sistem ekonomi harus bisa mengupayakan untuk mencapai tujuan utamanya, yaitu social welfare. Lahirnya bank syariah ditujukan untuk mewujudkan kesejahteraan umat secara luas. Dengan mengacu pada tujuan utama ini, istilah Maqashid Syari’ah menjadi sandaran utama dalam setiap pengembangan operasional dan produk yang ada di bank syariah.

Keyword: Maqashid Syari’ah, Maslahat, Perbankan Syari’ah

Full Text

PDF

Audah, Jaser. Al Maqasid Untuk Pemula, Jakarta: Suka Press, 2013.

Febriana, Sandy Rizki. “Aplikasi Maqashid Syariah dalam Bidang Perbankan Syari‟ah”, Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syari’ah, V.1 No. 2, 2017.

Jauhar, Ahmad al Mursi Husain. Maqasid Syariah, Jakarta: Amzah, 2010.

Mahsun, “Rekonstruksi Pemikiran Hukum Islam Melalui Integrasi Metode Klasik dengan Metode Saintifik Modern”, Al-Ahlam, V.25 No. 1, 2015.

Na‟imah, Farida Ulvi, dkk., Pengantar Maqasid al-Syari’ah, Malang: Literasi Nusantara, 2019.

Sanusi, Ahmad dan Sohari. Ushul Fiqh, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Thahir, Halil. Ijtihad Maqasidi, Yogyakarta: LKIS, 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here