Semarang, Pascasarjana UIN Walisongo Semarang sudah 3 kali mengadakan acara yang sama di tempat yang sama juga yaitu Masjid Agung Jaw Tenah (MAJT). Kali ini Pascasarjana UIN Walisongo bekerjasama dengan CSSMoRA UIN Walisongo Semarang mengadakan acara International Observe the Moon Night (InOMN) pada 20 Oktober 2018 yang di Komplek Masjid Agung Jawa Tengah.

InOMN merupakan acara tahunan yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia dan dipelopori oleh NASA. Kegiatan ini sudah berjalan 8 kali sejak tahun 2010 melibatkan pegiat astronomi baik yang amatir hingga para ahli.

Kegiatan InOMN diadakan di 31 tempat di seluruh tempat di Indonesia termasuk diantaranya di MAJT, dihadiri oleh 121 peserta yang berasal dari Mahasiswa S1, S2, maupun S3 UIN Walisongo Semarang, Politeknik Negeru Semarang, bahkan terdapat peserta dari luar kota yaitu Maโ€™had Aly TBS Kudus. Ketua Asosiasi Dosen Falak Indonesia (ADFI) sekaligus Ketua Prodi Pascasarjana UIN Walisongo Semarang Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag. yang menjadi Keynote Speaker mengatakan โ€œKegiatan INOMN mengajak kita untuk melakukan observasi yang mana mengajak kita untuk membaca tanda-tanda alam serta kajian observasi yg ada di Indonesia lebih canggih di Indonesia dibandingkan di malaysia, filipina, brunei karena kajian mereka baru kajian dasarโ€.

Acara yang digelar di komplek MAJT ini diisi dengan beberapa materi dari tiga narasumber. Narasumber pertama yaitu Syaoqi Nahwandi S.H.I yang menyampaikan tentang INOMN dan Observasi Bulan. Beliau menerangkan tentang sejarah pengamatan Bulan lintas zaman serta peristiwa-peristiwa langit yang terjadi saat pengamatan malam itu. Adapun Fitri Khalilah, S.H.I sebagai narasumber kedua menjelaskan mengenai fase-fase Bulan. Dalam pemaparannya dikatakan bahwa Bulan memiliki delapan fase yaitu Bulan mati/Konungsi, Sabit Awal, Kuartil Awal, Bulan tiga perempat, Bulan Purnama, Bulan tiga perempat, Kuratil Akhir, Sabit Akhir. Astrofotografi menjadi pembahasan terakhir yang disampaikan oleh M. Farid azmi S.H., beliau menerangkan tentang teknik-teknik untuk memotret Bulan yang benar.

Setelah pemaparan materi usai, moderator membukan dua pertanyaan. yang disampakai oleh dan dilanjutkan dengan observasi bersama menggunakan 1 teleskop robotik, 1 teleskop manual dan 2 binokuler. Cuaca pada waktu observasi cerah, sehingga Bulan mudah untuk teramati. Acara ditutup dengan foto bersama.

93 COMMENTS

  1. Pascasarjana S2 Ilmu Falak setiap tahun berpartisipasi dalam kegiatan InOMN, semangat berobservasi ๐Ÿ™‚

  2. Semoga selalu terdepan dalam inovasi, observasi dan membumikan ilmu pengetahuan falak di masyarakat.

  3. Mantaapp
    Sangat luar biasa, semoga acara seperti ini terus ada karena sangat bermanfaat..
    Tetap semangat dan semoga Allah menyertai keberkahan
    .aminn allahumma amiinn

  4. Kegiatan seperti ini Sangat bermanfaat sekali, semoga tahun depan lebih ramai dan menarik kembali ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  5. Demi utk membumikan ilmu falak.. Kegiatan yg inspiratif dan penuh arti.. Utk membaca ayat2 Allah yg diberikan lewat keindahan alam… Tadabbur alam paling bermkna .. Semoga ilmu falak semakin exsis dg diadakanny acara2 seperti ini.. ๐Ÿ™‚

  6. Assalamualaikum teman-teman penggiat falak… Terimakasih sudah share dokumentasinya. Semoga saya masih bisa mengikuti kegiatan ini tahun depan. InsyaAllah… Semoga Ilmu Falak kita semakin eksis.

  7. Alhamdulillah, acara-acara seperti ini harus tetap dijaga dan dilaksanakan sebagai pengingat kepada kita akan kebesaran sang pencipta. Semoga acara ini memperkuat tali persaudaraan dan keimanan kita akan keagungan Tuhan Semesta Alam. Baarokalloh, semua Ilmu Falak UIN Walisongo jaya terus. Aamiin…

  8. Inonm di Semarang yang dipelopori oleh pasca sarjana ilmu falak dan Cssmora UIN Walisongo harus terus berjalan.
    Semoga di tahun depan acara ini dapat diselenggarakan lagi.
    Anak falak keren dan beken ๐Ÿ˜˜

  9. Saya mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Kegiatan yg lengkap dan berkualitas dengan narasumber yang ahli di bidang ilmu falak maupun astronomi. semoga ilmu Falak UIN Walisongo tetap menjadi pusat kajian ilmu Falak Indonesia.

  10. Alhamdulillah. Acara yang menambah wawasan sekaligus kecintaan kepada alam, tanda kekuasaan dan kebesaran Allaah. Semoga acara ini membawa berkah dan bisa meluas seluas-luasnya. ๐Ÿ˜Ž

  11. Kegiatan observasi sekaligus edukasi yg terbuka untuk umum seperti ini bagus sekali dan harus dipertahankan seterusnya๐Ÿ˜Š

  12. Semoga acara INOMN ini dapat terselenggara secara rutin di tahun-tahun berikutnya dengan konsep dan narasumber yang makin keren tentunya.

  13. Kemarin ketika proses pengamatan di teras MAJT, beberapa masyarakat cukup antusias dalam mengikuti acara ini. Bertanya bagaimana sejarah acara INOOMN, siapa yg mengadakan acara ini, dan terutama ingin langsg ikut melihat bulan dengan menggunakan beberapa teleskop yg disediakan.

    Harapanya semoga acara ini terus dilanggengkan dan semakin dimeriahkan dgn ide2 yg inovatif dan kreatif.

  14. Luar biasa.. Semoga membawa manfaat barokah. Dan ilmu falak semakin membumi di Nusantara.

  15. Semangat membumikan ilmu falak dengan terus berinovasi, ilmu falak bukan hanya ilmu teori, namun juga harus didukung dengan berbagai observasi

    Mugi manfaat barokah, ditunggu untuk kegiatan-kegitan selanjutnya

  16. Sangat bermanfaat! Antusiasme pengunjung kemarin memang sudah baik, tapi saya harap kedepannya lebih ramai lagi.

    Maju terus S2 Ilmu Falak!

  17. Semoga kegiatan ini bermanfaat sebagai upaya nguri uri ilmu yang bisa dibilang langka ini, yakni ilmu Falak,
    Semoga kedepannya bisa terus diadakan dan semakin meningkat,

  18. Acara tahunan yang selalu dinanti. Moment indah dalam pengamatan bulan apalagi bisa melihat kawah2 bulan dengan jelas… subhanallah ๐Ÿ’ช

  19. Luar biasa, baru kali ini mengikuti acara diskusi yang dibarengi dengan observasi langsung. Semoga INOMN kedepannya bisa lebih baik lagi.

  20. Comment:Alhamdulillah, acara berjalan dengan yang diharapkan. Maju terus Ilmu Falak, semoga kita semua mendapat berkahnya.

  21. Acara yang bermanfaat… Disana saya bisa lebih mengenal bulan. Dari segi pergerakan, fase-fase dan fisiologi bulan. Selain itu , saya pun mendapatkan kesempatan melihat citra bulan secara jelas.
    Semakin keren S2 Ilmu Falak!

  22. Ilmu falak ilmu yang sangat mahal dan kaya, terus lestarikan kegiatan ini. Beritahu indonesia bahwa ilmu falak sangat penting

  23. Sangat inspiratif. Pascasarjana Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang luaar biasa. Semangat terus membumikan ilmu falak.

  24. Subhanallah… luar biasa… ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ semoga tambah maju dan sukses

  25. Alhamdulillah, acara kemarin lancar, semoga kedepannya tetap diadakan, karena “obeservasi itu sangat penting bagi pegiat Ilmu Falak khususnya” begitulah apa yang dikatakan oleh Bapak Dr. KH. Ahmad Izzuddin, M. Ag, selaku Kaprodi S2 Ilmu Falak UIN Walisongo dan Ketua Umum Asosiasi Dosen Falak Indonesia,, semoga Berkah,, amiinnn

  26. Mantaps…
    Semangat tegakkan serta semarakkan ilmu falak dalam kehidupan di Nusantara..
    Sukse buat semuanya…

  27. Subhanallah kegiatan yang luar biasa, mantap betulll.
    Semoga kegiatan nya bisa berlanjut terus dan sukses buat kedepannya.

  28. Sangat apresasi dengan kegiatannya. Semoga kedepannya lebih baik karena para penggiat ilmu falak menanti nanti kegiatan luar biasa seperti ini.

  29. Acara ini membuka wawasan kita tentang astronomi tidak hanya teori namun praktek lapangan (observasi) sekaligus. Belajar jadi lebih menyenangkan.

  30. Semoga acara ini selalu terselenggara sebagai kegiatan yang mampu memberikan kemanfaatan kepada seluruh masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here