SEJARAH PENANGGALAN HIJRIAH

oleh: Li’izza Diana Manzil (1600028006)

 

Pendahuluan

Bagi umat Islam sistem pengorganisasian waktu merupakan sebah kebutuhan yang sangat mendasar, salah satu alasannya karena ibadah dalam Islam sangat terkait erat dengan waktu, sehingga dalam Islam ada yang disebut ibadah muwaqqat.[1] Sistem penggorganisasian waktu yang dipakai oleh umat Islam adalah penanggalan Hijriah.

Penanggalan atau Kalender Hijriah yang dipakai umat Islam hingga saat ini ditetapkan pada masa kekhalifaan Umar bin Khattab, 17 tahun setelah hijrahnya Rasulullah SAW. Keputusan ini muncul setelah dijumpai kesulitan mengidentifikasi dokumen yang tak bertahun. Hijrah Rasulullah akhirnya sepakat dipilih dari sekian usulan alternatif acuan tahun Islam, karena saat itulah titik awal membangun masyarakat Islami.[2]

Proses perkembangan sistem penanggalan Hijriah ini sudah pernah diterapkan di zaman Rasulullah namun dengan sistem yang berbeda, oleh karena itu, makalah ini selanjutnya akan memaparkan mengenai sejarah penanggalan Hijriah mulai pra Islam hingga berkembang sampai di Indonesia.

[1] Muh. Hadi Bashori, Penanggalan Islam, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013, h.123.

[2] T. Djamaluddin, Menggagas Fiqih Astronomi, Bnadung: Kaki Langit, 2005, h.121.

 

Selengkapnya, DOWNLOAD DI SINI

2 COMMENTS

  1. Anak falak harus ngerti sejarah penanggalan hijriah 😎
    Jangan ngertinya sejarah masa lalu bersama orang2 di masa lalu doang🤗

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here