MANHAJ TAFSIR HUKUM IBN AL-‘ARABI DALAM KITAB AHKAM AL-QUR’AN

Oleh: Dr. H. M. Arja Imroni, M.Ag

PENDAHULUAN

Al-Qur‟an diturunkan oleh Allah SWT. kepada umat manusia dimaksudkan agar  menjadi  petunjuk  hidup  (hudâ)  bagi  mereka.  Selain  itu,  al-Qur‟an  juga berfungsi sebagai  bayân (penjelasan) dan  sebagai furqân (pembeda antara yang hak dan yang bathil). Untuk memenuhi fungsi-fungsi itu, al-Qur’an terutama memuat prinsip-prinsip dan seruan-seruan moral bukannya dokumen hukum ( legal document  ). Tetapi, meskipun bukan dokumen hukum, ia memang mengandung beberapa pernyataan hukum yang penting (some important legal  enunciations). Yang dimaksud dengan pernyataan-pernyataan hukum yang penting itu sebenarnya adalah ayat-ayat yang berhubungan af’âl al-mukallafîn.

Pada masa Nabi Saw., kaum muslimin relatif tidak mendapatkan kesulitan dalam memahami ayat-ayat hukum, karena selain mereka memiliki kemampuan bakat (malakah) dalam  bahasa arab yang memang memadai, setiap ada persoalan dalam pemahaman suatu ayat  mereka dapat menanyakan  secara langsung kepada Nabi sehingga  tidak terjadi perbedaan penafsiran. Pasca wafatnya Nabi Saw. – meskipun kesulitan-kesulitan dalam memahami  ayat  hukum  masih  relatif  kecil – mulailah timbul perbedaan-perbedaan penafsiran ayat-ayat hukum. Keadaan itu terus berkembang, semakin jauh dari masa kenabian semakin banyak varian penafsiran hingga pada saatnya muncul kitab-kitab tafsir yang secara spesifik memuat tafsir ayat-ayat ahkâm atau dikenal dengan tafsîr fiqhî.

Salah satu kitab tafsir ahkâm yang muncul di panggung sejarah tafsir adalah karya Ibn al-‘Arabî yang berjudul Ahkâm al-Qur’ân. Makalah ini merupakan sebuah studi kritis terhadap kitab tafsir tersebut. Studi ini meliputi beberapa pokok bahasan yaitu; 1. Biografi singkat Ibn al-‘Arabî, 2.  Profil tafsir Ahkâm al-Qur’ân, 3.Manhaj tafsirnya yang meliputi:  (a). Metode penafsirannya, (b).  Corak penafsirannya (c). Langkah-langkah penafsirannya, 4. Analisis terhadap sample penafsirannya terhadap QS. Al-An’âm :  59.

Selengkapnya, DOWNLOAD DI SINI

1 COMMENT

  1. Mendalami pemikiran ibnu arobi… Mencoba menguak pemikiran beliau trkait tafsir hukum.. Sangat berisi dan inspiratif (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here